Kamis, 16 Desember 2010

I NEVER BLAMED U

MOHON MAAF APABILA ADA KESAMAAN NAMA DAN TEMPAT :)


Saat fajar menyinsing mungkin kita tidak akan pernah tau kalau bunga bunga telah dihisapmadunya,, atau mungkin telah berganti dengan kembang yang baru.namaku zeela, Ku pikir seperti itulah aku. aku dan kalian semua tidak akan pernah tau kepada siapa kalian akan jatuh cinta, atau dimana kalian akan jatuh cinta, bahkan begitu banyak orang berpendapat tentang cinta. ‘hidup tanpa cinta bagai masakan tanpa garam’..., ‘jaman gini gak punya cowok..apa kata dunia??..., ada pula yang satu ini.. ‘aku gak bisa kalau gak ada cowok’ beegghh...
dan yang aku rasa sekarang ini bahkan sebaliknya ‘sepertinya aku gak bisa kalau punya seorang pacar..’ :o mungkin sebagian orang memandang aneh, aku masih normal kok,mataku masih jeli dan masih bisa membedakan mana yang ganteng mana yang gak..haha (-“-) dasar!!
Tapi stelah ku telaah (ehm :P), cinta adalah kelemahanku,, “i mean,if i have a bf “ yah.. aku berkata begitu karna aku sudah pernah mencobanya, saat aku memiliki seorang pacar aku begitu menyayanginya,,karna begitulah perempuan selalu memakai perasaan sedangkan pria,,mereka menggunakan akal meskipun pada “kebanyakan” lakilaki sih. Dan saat aku kehilangan dia, aku jadi pusing sendiri walau aku sudah bertekad “ku tidak akan menangis hanya karna pria yang telah menyakitiku “ dan akan ku anggap berlalu saja..
Tekad tidak akan menangis bisa ku jalankan,tapi menganggapnya berlalu itu tidak mudah, ‘apa salahku, mengapa bisa begitu, kenapa bisa terjadi dan bla bla bla’ pertanyaan itu selalu memenuhi otakku. Walau lambat laun hal itu akan terlupakan seiring berjalan waktu. Tapi,,, tidak mungkin kan setiap kali punya pacar dan putus harus seperti itu lagi. Oh tidak...
Apalagi kalau kau menemukan orang yang mencintaimukarna kecantikan parasmu,, apa dia tidak berpikir kalau nanti dia dan pasangannya akan memiliki rambut putih dan kulitnya juga bakalan mengendur juga?? Kenapa mereka tidak mencintaimu atas dasar agama yang ada padamu,bila hilang agama itu darimu maka hilang pula cintanya padamu,,hmm itu lebih rasional ku pikir... dan mengapa tidak banyak orang yang mencintaimu karna kebaikan yang ada dihatimu tidakkah dia berpikir kecantikan yang hakiki itu dari hati dan akal kekal selamanya??  Sulit menemukannya... ckckck
Dan jika begini ceritanya..
Orang yang kau cintai dan mencintaimu,juga mencintai orang yang kau sayangi.. nah
Mungkin kau akan bingung mendengarnya...
Tapi.. beginilah yang terjadi,
Ku pikir setelah aku kuliah akan ada yang menerimaku apa adanya.. mau dibilang apa, lingkungan kuliah ku tengok kiri tengok kanan orangnya itu itu saja.. sungguh menyedihkan( T.T) . Sampai suatu saat aku liburan dan pulang kampung bertemu dengan orang tua serta kakakku nita yang ku panggil ‘ninit’...
Kak ninit bekerja disebuah instansi kesehatan.. saat bertemu denganku dia menceritakan pengalamnya bekerja disitu... “enak juga,kak punya genk.. tiap malam kalo lagi lembur sama kita kita ngumpul trus makan bareng jam 2 malam sama rita,eja,alfa “ dan beberapa nama lagi yang tidak begitu ku ingat.. dari ceritanya ku simpulkan dia begitu dekat dengan dua orang ,eja dan alfa. Orangnya baik ucap kakakku begitu.
Suatu ketika ada seorang pasien bernama madya, habis operasi abses dikakinya,tepatnya ditumitnya itu.. dalam pembicaraan mereka kakakku ingin memperkenalkannya padaku dan yang pasti tanpa mengatakan kalau aku adalah adiknya,
***
“coba aja kenalan zee” saran kakakku..sambil menaikkan alisnya ;)
“apa sih..  masa pasien kak kasiin sama aku”
“wiih.. kamu jangan salah.. dia sekolah IPDN loh.. itung itung bkalan makmur juga ntar... hhaha”
(“,)a   gyut gyut... terkadang otak matre nya jalan,tapi niatnya baik sih, siapa yang gak mau coba pria baik bahkan mapan lagi kan...? ya sudah ku ikuti saran kakakku..
Malam itu aku betemu dengan madya.. and you know what?? Dia pake mobil.. huft. Bukannya aku bahagia,malahan aku malez banget liad orang umur jagung belum punya penghasilan,masih morotin uang orang tua, udah pede pedean bawa mobil... yaa hak dia sih. Tapi.. kalau maksudnya ingin dipandang berduit trus keren.. baaahh enggak denk.. :P
“yuk duduk sini..” ucapnya padaku sambil mengatur bangkuku
Aku hanya tersenyum calm kepadanya dan kepada teman teman madya juga (gue sendiri cewek bo’ egh) ... lebih tepatnya “sok calm” bhahaha.. emang sifatku begitu baru kenal sih sok sok calm.. kalo udah kenal dekat.. heboh gillaa... :D. Maksudku sih pengen liat mereka dulu gak mungkinkan baru kenal bhaha sana bhaha sini.. ntar aku dikira cewek stress.. ckckck.
Sambil mendengar teman madya bercerita dengan semangatnya tentang mantan pacarnya
“wiih.. cewek mana yang gak luluh kalo dijunjung bro.. ‘kalulah bulan kaulah bintang, bener gak?? Tanyanya..
Wah nih bocah malah nanya aku.. “yah.. tergantung ceweksih” jawabkku spontan
“iya juga..” katanya.. bla bla bla...
. panjang banget cerita ne anak.. apa gak capek capek ya cerita mulu.. ngidam apaan ya maknya hobi banget mendongeng.. pikirku... aku hanya mengotak atik hp ku,, madya juga sedikit sedikit bertanya,,”kapan masuk kuliah”, “kuliah dimana”, “disini tinggal dimana” yah.. pertanyaan basi basi lah..  dan kalau ku lihat sih anaknya keras kepala, gak mau ngalah. Yah gak tau lah... aku emang dari dulu suka menebak sifat orang dari wajahnya. Kebanyakan sih bener..
Dan sampai saatnya aku pulang,, dianterin pake mobilnya,, ups.. mobil bapaknya maksudku,, hehe. Hmmm... gak enak banget tau gak seh lo  .. (-“-)..
“ makasi ya diya.. dah ditaktir..” hehe.............. sending mssge.............
“ya sama sama zee” balasnya..
Setelah ini kamu jangan sms dia.. let’s we see.. gimana respon dia, “ saran kakakku. Sebelum kak ninit bilang,aku memang akan melakukan itu juga, apalagi walau tampangnya yaa.. lumayan cakep.. aku belum srek aja ngeliat dia.
2hari kemudian..
“gak ada madya sms kamu”tanya kakakku...
“boro boro kak..”kenapa emang.. tanya kubalik pada kak ninit..
“biarin aja dulu, soalnya waktu dulu kak tanya,,madya pengennya cewek kayak mana.. dia bilang.. yang penting cantik sih kak...”
omg
“hah... kenapa gak bilang dari kemaren kemaren sih kak.. walah walah..” jelas ajaaku kaget.. cowok seperti itu gak bisa diharepin dikitpun,, bilang yang PENTING cantik pulak... ntar kalau ketemu yang lebih cantikk.. yah.. say good bye lah dia sama kita...ckckck.
Apa respon kakakku..?? dia hanya tertawa.. oh damn..!! :-/
Beberapa jam kemudian hpku berbuny,nada sms.. dengan santainya ku buka..
“sore zee.. lagi ngapaen..?? from..... madya!! Wah wah.. i dont belive that... bukan tidak percaya karna aku kesenengan terimasms dari dia sih.. yang ada di otakku saat itu kamu tau... “ternyata gw gak jelek kok “ bhahaha ;P. Langsung ku kabari dengan kakakku...
“oh ya,, ya dah balas aja..” huh malasnya kalo udah dikabari sama kakakku gini nih.. dia yang dikte aku yang ngetik..mana yang didikte pada lebay pulak perhatiannya.. agh.gak aku banget tuh...
Akibat dari kelebayan kak ninit.. belum sampai 5 sms tuh anak menghilang kayak setan.. mending telat balas, ini.. gak dibalas sama sekali!! Wah wah.. emang dasar anak keras kepala gini nih.. dikasi perhatian gak bersyukur.. kelebihanperhatian kali dirumah tuh.. yuuuh,, capcai deh..  tapi aku tetap mencoba berpikir positif,,mungkin pulsanya abis,,mungkin jaringan lagi gak bagus,,mungkin operatornya ketiduran.. :D
Begitulah yang terjadikalau madya sms aku,, udah sms jarang.. selalu menghilang pulak, dan terkadang aku balas dendam.. giliran aku yang menghilang dia ngirim sampai 2 kali,, ku biarkan saja,, bukan bermaksud jahat,, sama seperti orang puasa,biar kita merasa gimana rasanya orang yang kelaparan,nah ini gimana rasanya kalau orang yang kita sms menghilang.. (perumpamaan gak nyambung) dan seringnya dia menghilang ini terjadi saat dia berada dikampung saja..aneh. terkadang aku sempat berpikir,mungkin madya punya pacar,mau balas takut ketahuan. Nah ketika dia pulang ke jawa tempat kuliahnya... gak tidur tuh operator,, gak abis tuh pulsa, gak error kok jaringan, malahan sampai kepada sms yang gak mesti dibalas pun bakal dibalasnya.. semakin aneh!!
Aku tidak sakit hati atas perlakuannya,dan aku juga tidak akan sakit hati kalau sebenarnya dia membohongiku kalau memang ternyata dia punya pacar. Cuma.. kelemahanku inilah yang gak ilang ilang.. kenapa dan tanya kenapa. Shit!!
“biarin ajalah, kan kita Cuma mencari mana yang terbaik” muncul suara kakaku..
“ninit sih,, pasien stress kasi ke aku,, bikin aku stress aja ngadepinnya”
“haha... biasa aja donk.. kalo gak kamu sama alfa aja deh,temen kak nit tuh,, anaknya baek banget kok” kak nit memulai jurus mak comblangnya...
“alfa temen kak nit yang temen facebook aku itu..?” tanyaku..
“iya lah.. kemaren kakak udah bilang juga, kalo zee titip salam, trus kalo dia tanya jangan bilang kita kakak beradik ya..”
“selllaaaluuu saja begiituu...,emang kiamat pa dunia kalo tau kita saudara kandung??”
“ya gak,,nanti di segan sama kamu,, dah kakak bilang juga, kalo zee mintak no nya gak apa apa kan.. dia bilang,, kasi aja”hehe
“weew.. sejaka kapan pulak aq ngidam nomer tuh anak.. wah.. mulai gak bener neh,, disangka akungejar ngejar dia pulak lgi.. widiiw keenakan dia donk” cetusku...
“dudunk lu.. kak mu nih,lebih tau dia,, tenang aja deh.. nih nomer dia, kamu sms dia.. bilang, makasi udah mau ngasi nomer abang sama zee” ajarnya padaku..
“ntar lah.. tunggu lebaran aja,,kirim ucapan,, “ jawabku santai..
“jadi orang cuek banget sih,, di ajarin gak mau!! Terserah deh, kalo selamanya mau gini” kak ninit udah mulai esmoni ngadepin sikap aku yang super cuek..
Dan emang aku cuekin,,beneran saat lebaran aja aku kirim ucapan.  Dibalasnya kok, malahan sms nya agak melenceng dikit dari minal adin walfaizinnya... bhaha.kak ninit aja tuh lebaynya gak ketulungan..
Eits,, tapi jangan salah,, ini anak gak jauh beda,, gak jauh beda dari sifat ilang timbulnya,, entahlah.. mimpi apa diriku punya kenalan halimunan semua,, suka ilang timbul.  Tapi alfa bisa digolongkan better than madya lah..
Bang alfa,, jarang sekali aku sms.. udah beberapa lama aku pergi ketempat kerja kakakku,, sebenarnya eja dan alfa sudah pernah kulihat sebelumnya ketika aku ikut tempat kerja kak ninit.. hanya saja aku melihat alfa dari jauh,, beda dengan eja yang kulihat tepat dibawah mataku saat aku menemani saudaraku yang dirawat di rumah sakit.. entah keberuntungan atau apalah itu namanya.. eja yang agak linglung ini,, padahal sudah melihatku dalam jarak centimeter,, saat ditunjukkan fotoku oleh kakakku pada mereka berdua,kau pikir apa kata eja?? “keknya aku pernah liat lah kak” (‘.’)..  no coment..
Kembali saat ku ikut ketempat kerja kak ninit,, karna bolak balik dia ngurusi urusannya,, aku duduk dibangku yang ada diruangan itu,duduk di sofa hijau yang mentok dijendela,sambil celingak celinguk aku melihat eja disana,dan senangnya dia gak liat aku,aku kotak katik hp ku daripada bengong...
“Blup blup blup.. nah itu nada sms ku... waw.. ternyata alfa sms aku.. nanya nanya biasalah.. yang ku kagetkan,,bagus juga instingnya,, seperti ada yang memberi tauku kalo aq lagi ada dirumah sakit itu,, ‘apa mungkin eja ya yg kasi tau..?’itulah pikiranku saat itu..
“lagi ngpain zee,,sayang ya cumabisa liad di dunia maya,,kalo boleh si pengen liat asli nya” sms alfa yang kuterima.. dengan tersenyum senyum sendiri karna ku rasa aku sudah mengelabuinya,padahal aku sudah pernah melihatnya tanpa disadarinya.hehe
Mssge:
“y bleh Lah bg, zee kN lGi dkMpuNg aBg ne.”
“masa iya zee,, jalan dong zee kerumah abang,, sekalian jalan lebaran....”
“iY de bG,ntaR liaT kK Nit duLu,, iNi laGi beLanja dipaSar..”
Belum ada balasan... ternyata yang ada dia nelpon.. alamak :D
“lagi dimana zee,,”............ “ini bg lagi dipasar,,belanja..”
“beneran ya datang kerumah...”................ “yalah.. bawel....”
“Hehe... yaudah assalamualaikum”
Siang itu aku dan kakak pergi mengunjungi rumah alfa, celingak celinguk kami mencari rumahnya yang ternyata kakakku sendiri belum tau dimana letaknya.. omg!!
Kami melihat laki lakimelambaikan tangannya.. “wah besar juga badannya” pikirku...
“ayok kak,, masuk.. zee masuk..”ucapnya mempersilahkan kami... hmmm, walaupun gak secakep madya tapi aku lebih adem rasanya ngeliat alfa daripada madya...
Kakakku dan alfa ngobrol tentang urusan kerja  mereka,, otomatis... akugak nyambung,, bhaha. Dan seperti biasa aku tetap pada jurusku apa kebiasaanku,,atau apalah itu namanya.. “calm style” wkwkw.. biar aja buat malu,, asal gak malu maluin...
Dari pembicaraan mereka kesimpulanku,, mereka janjian ngajakin ngumpul waktu sore ditepi laut,, sama dengan eja.dan sore itupun datang....
“kakak tanggal berapa acara resepsinya,,”tanya alfa pada kakakku yang sebentar lagi akan menikah dengan seorang laki laki tamatan sekolah mesir..
“tanggal 4,sebenernya ngajakin kamu fa,,tapi udah lambat sih gak jadi..”canda kak nit..
“yah.. kakak kenapa gak bilang dari kemaren..”jawabnya...
“kak nit,dinas apa apa besok..? eja membuka topik baru...
“malam...”jawabnya singkat...
“oh ya kak,, aku gak bisa lama lama nih kak.. disuruh pulang cepat,, ada urusan dirumah.. 10 menitan lagi nih..” ucap alfa
“bentar amat fa,, belum ada ngomong ngomong ama zee” goda eja,, (dasar eja kompor suka banget nyindir.. :@)
“ya tulah.. ntar malam lanjut lagi jalannya juga bisa kok kak.. ya zee.” kata alfa
“oh,, ya udah,, gak apa apa pun” jawabku...
Ini juga udah hampir magrib,, pulang lah lagi,, saran kak nit.. jadi akhirnya kami semua mengikuti alfa yang pulang itu juga,,
Dijalan pulang”......
“alfa sih,, gak ngerti bahasa tubuh wanita... gak tau mana yang suka sama dia mana yang gak” keluhnya padaku diperjalanan pulang..
“jadi kak nit,,suka sama brondong pulak? Gak dapet kak nit kasiin pulak sama aku..!! kagetku mendengarnya...
“kan musim brondng.. -.- (yah,,gila nih kak nit dah.. mau ngalahin rafli ahmad..ckck),, ya daripada dia suka sama orang gak jelas,,mendingan aku kasi kamu,, lagian diakan baik..” jawabnya..
‘YAAH....kalo aku jadi sama si alfa ntu,, ntar kak dah nikah,,bukan cinta ama suaminya,, malahan cinta ama pacarku lah..”
“begok lu,, ya gaklah.., eh,malez banget kak tadi ditanya tanya kapan resepsi tu,, hati kak bukan senang acaranya makin dekat nih,, malahan makiin gundah.. kenapa ya” curhatnya...
“masih cinta kali lu saama alfa,, susah ngelepasinnya”ceplosku...
“beegh... oon lu” katanya.. (aku gak tau siapa yang oon)... (“,)a
                                                                                                ***
Malam...
“kak,,cepet lah.. alfa dah sms tuh,, dia dijalan mau kesini...”teriak ku sama kakakku yang lagi kamar mandi..
“siap siap lah kau tu...”bentaknya...
“wah,, anak dudunk.. dia yang janjian dia yang lelet,, ketahuan sama abang ku pergi sama cowok.. bisa dipenggal nih gua idup idup.. ucapku dalam hati...
Aku sudah siap.. kak  ninit lagi pake baju..,, alfa bilang dia sudah didepan rumah.. mana jam itu semua telp kak nit pake acara bunyi pulak lagi tu..., sambil bawa telpon,sambil nyamperin alfa,,dan beum pake jilbab.,, ngobrol ditelpon juga,, sama alfa juga,,, aaagghh.. ribet!!!
“ya udahlah kalian pergi luan aja berdua,, ntar kak nyusul...”simpulnya..
“weh.. gila aja ne orang,, anti gua banget nih,,disuruh jalan sama orang yang belum gua kenal banget..”
Dengan salah tingkah alfa sepertinya malu malu tapi mau,, enggak enggak gtapi iya,, haha.. daripada daripada... terpaksa aku boncengan dan pegi luan sam alfa..
Alfa pake jeket,, bawamotor scooter yang pijakkannya Cuma yang diatas gak ada bawahannya... huwaaa...!! sumpah,, kayaknya seperti wanita suci lahir bathin banget gua malam itu,, memang ku injak,, tapi sedapat cara aku jauhkan kakiku supaya enggak menyentuh badannya.. giiiiillllaaaaa... pegeell abiiss kakii ku...
Dibawa muter gak jelas.. berenti ditempat makan,,
“abang laper banget neh zee..

“ya udah makan aja.. zee temenin,, zee udah makan tadi,, kenyang banget dah (bo’ong ;P)”
“gak apa apalah... makan aja lagii...”(malu makan sendiri tuh :D)
“gAk gak,,minumaja deh,, beneran udah kenyang ne,, (>.< makin banyak dosa gua,, kalo ajakan lu makin banyak bodoh!!) pikirku...
Akhirnya aku minum dia makan,, alfa begitu terlihat tidaktenang,, geer kali ya,,ku  liatin dia makan.. alfa berdiri menuju tempat pesana.. nasi belum habis,, ku pikir mau nambah. yaa.. ampun tuh anak ternyata dipesenin juga makananku...
Tidak berapa lama kemudian kakakku datang nyusul.. yang sebelumnya sydah diberi tau alfa tempat tujuannya.
Dinner deeh..................................
Malam kami jalan jalan keliling,, meskipun kakakku ada disitu,, aku serba salah.. mau boncengan ama siapalah diriku ini... takut salah pilih.
Kakakku menyuruh boncengan sama alfa saja,, tapi aku takut alfa berpikir laintentang aku,, yah.. walaupun akhirnya....
“mana kak nita nya zee.. lama amat bawa motornya..” tanya alfa..
“tau tuh,, palingan hp. Cuma hp tuh,, yang bisa hipnotis dia.. hehe”
Beruntungnya alfa banyak tanya,, suka ketawa.. jadi aku gak mati kutu ngadepinnya. Hingga akhirnya kami duduk ditepi laut “lagi” malam itu.. sampai pukul 10 malam..
Aku senang,,tapi aku sedih juga.. aku melihat tatapan mata kak nit pada alfa  berbeda dengan teman temanlainnya.. ada rasa sayang mungkin disitu..
Aku sedih bukan aku cemburu.. tidak!! Tapi aku merasa kasihan.. tidak tau,, karena aku juga tidak punya lasan atas dasar apa kasihan ku itu,, yang jelas aku kasihan. Ya itulah yang bisa ku ungkapkan.. dan mungkin alfa juga menyayangikakakku.. tapi entahlah..
Taulah kalian gimana rasanya...
Kakakku bertemu calon suaminya jauh sebelum dia mengenal alfa,, kak nit pindah kerja,, teman baru lingkungan baru.. kita tidak akan dapat menebak hati kita akan terspesialkan untuk siapa.. begitulah dia,, setelah mendapat lingkungan baru.. mungkin karena kebaikan alfa kak ninit menaruh hati dengan alfa,, itu wajar dan normal,, siapa yang tidak mau pria baik dan selaluhadir dekat kita??
Tapi... selain alfa lebih muda darinya ,kak nit juga sudah merencanakan pernikahannya dengan calon suaminya itu,, tidak mudah untuk membatalkan itu semua dan berpindah kelainhati..
Dan aku juga tidak tau apakah alfa punya perasaan yang sama dengan kak nit,, ataukah dia malu karna kak ninit lebih tua darinya?aku tidak tau itu...
Mungkin karena dia menyayangi alfa dia menyarankan alfa untukku karena dia pikir aku lebih baik mendapatkannya dari pada orang lain..
Seperti kata five minute “ku tak ingin dirinya.. menggantikan aku.. karena ku tau ku lebih baik dari dirinya” :D
Sampai saat ini,, aku tidak terlalu berharap alfa akan memilihku,, jika alfa merasa aku baik untyknya dan dia merasa nyaman dia akan tau sendiri,, apalagi alfa memiliki adik perempuan yang dewasa dibanding aku,, aku cemas akan terjadi kecemburuan sosial..
Yang ada sekarang “harapan dalam doa”
Kalau hanya aku yang berharap sama dia,sedang dia hanya mempermainkan perasaan wanita saja,, baah, bukan tipe aku ngemis buat cinta, karena ku yakin Allah telah memilih hati seseorang untuk datang kepadaku dan aku tau pilihan Allah lebih baik dari pilihan siapapun.
Dan untuk kak ninit.. “i never blamed u if u love him” J
Waktu memang terus berlalu, tapi bukan karena waktu yang memghapus memori yang ingin kita lupakan, tapi kitalah yang mau kenangan itu terlupakan...
Dan waktu yang telah berlalu sekarang tanpa ku sadari ialah..
Kakakku telah menetapkan hatinya pada satu jiwa yang telah dikirimAllah untuknya,dia telah menikahi laki laki berusia 30an ke atas, tamatan dari mesir dan telah bertitel  ‘’Hj’’ walaupun hanya pria yang tidak bertubuh kekar dan tinggi tapi aku senang kak nit mendapatkan pria dengan iman yang baik,, selera humor yang baik  wah,pokoke tipe aku sama kak nit tidak jauh beda, semoga kak nit bahagia selamanya walaupun mereka berpacarannya setelah menikah dan ku kira bakalan gak seru,, ternyata aku salah besar,,justru mereka terlihat kompak,seru tidak memikirkan halal haram saat bersentuhan, malahan mereka saling ejek ejekan untuk bercanda,, layaknya benar benar orang pacaran.. alhamdulillah aku bahagia karena kakakku bahagia. amin

J nJ J J J J J J J L L J L J L J L J L J L J L J L

1 komentar:

  1. hanya karangan :D
    gua gak pande ngarang,,,
    jadi maklum aja kalo gk enak :p

    BalasHapus